Apa Sih Perbedaan Print Kaos Teknit DTG dengan Manual?

Kaos sablon memang sering sekali Anda cari dan digunakan. Untuk mendapatkan kaos sablon ini ada 2 cara yaitu teknik DTG denagn teknik manual. Sebelum Anda membeli baju print kaos ada baiknya Anda mengetahui cara pembuatanya. Nah berikut ini adalah perbedaan kaos sablon dengan cara DTG dengan manual.

Proses Pembuatan

Hal pertama yang membuat perbedaan pada teknik DTG dengan teknik manual adalah proses pembuatannya. Biasanya sablon kaos dengan teknik DTG ini diperuntukkan untuk jenis kaos print. Proses DTG ini menggunakan sebuah printer yang memiliki teknologi head printer.

Head printer ini juga memiliki tipe piezo dan menggunakan tinta khusus untuk sabun tekstil. Proses pembuatan dengan teknik DTG ini memerlukan waktu yang singkat. Waktu yang singat ini dikarenakan prosesnya bisa langsung di-print pada bagian kaos.

Nah sedangkan untuk proses sablon manual membutuhkan waktu yang lebih lama. Penyablonan kaos dengan teknik manual ini juga memerlukan alat bantu screen atau sering disebut denfan film screen. Proses penyamblonan kaos menggunakan teknik manual juga harus dilakukan oleh orang yang sudah profesional.

Alat yang Digunakan

Perbedaan yang ke-2 adalah alat yang digunakan untuk sablon baju. Biasanya proses pembuatan print pada kaos ini menggunakan teknik DTG. Proses ini menggunakan sebuah printer yang akan membuat kaos menjadi cepat selesai.

Untuk teknik manual ini biasanya menggunakan peralatan seperti rakel, banting, screen, hairdryer, coater, dan juga tinta. Nah jika Anda membeli kaos sablon pasti akan lebih mahal yang menggunakan teknik DTG dari pada teknik manual. Penyebabnya karena print yang digunakan untuk print pada kaos ini lebih mahal.

Media yang Digunakan

Selanjutnya adalah media yang digunakan untuk proses sablon. Pada sablon manual biasanya harus mencetak desain pada sebuah kertas terlebih dahulu dan membuat screen filmnya. Setelah desain jadi maka tinta akan dicetak pada kertas ke dalam bentuk screen dan ditempel pada kaos.

Sedangkan pada proses DTG ini tidak memerlukan media prantara. Hal ini akan membuat proses print pada kaos akan semakin mudah dan cepat. Tak hanya itu proses DTG juga akan membuat kerja Anda semakin ringan.

Kualitas yang Didapatkan

Perbedaan terakhir adalah dari segi kualitas. Biasanya kaos yang dicetak memiliki kualitas yang berbeda pada tinta yang digunakan. Pada sablon manual kualitas ini ditentukan oleh tinta dan juga kertas transfernya. Begitu juga pada teknik DTG. Jika tinta dan kertas transfernya menggunakan kualitas yang buruk maka hasilnya juga buruk.

Nah itulah perbedaan print kaos dengan teknik DTG serta manual. Sehingga Anda dapat menentukan teknik mana yang akan Anda gunakan. Selain itu Anda juga menjadi tahu kualitas yang akan didapatkan.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.